Satuan Pendidikan : SD
Kelas / Semester : 3 / 1
Tema / Topik : Peduli Lingkungan Sosial
Petemuan ke : 1
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
PPKn
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
Matematika
Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dominan dalam senam (seperti lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya (seperti: sikap kapal terbang – roll atau sebaliknya)
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar akrtivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat sederhana yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik
Seni, Budaya, dan Prakarya
Menunjukkan disiplin dan taat aturan dalam berkarya
C. INDIKATOR
PPKn
Mematuhi peraturan sekolah sebagai kewajiban dan menghormati hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Membiasakan melaksanakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat
Matematika
Memahami konsep pecahan
Menyatakan pecahan
Menentukan pecahan senilai
Menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Menyebutkan aktifitas kombinasi pola gerak dominan dalam senam,
Menyebutkan aktifitas kombinasi pola gerak dominan dalam senam dasar akrtivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
Mempraktikkan rangkaian gerakan roll depan, rol kip, rol belakang, sikap kapal terbang
Mempraktikkan rangkaian gerak senam ritmik, dengan variasi langkah kaki dan tangan.
Seni, Budaya, dan Prakarya
Menyelesaikan tugas tepat waktu
Menyelesaikan tugas dengan tidak menyontek karya teman
Memperhatikan keselamatan dalam berkarya/kerja
Merapikan alat dan bahan setelah berkarya dan membuang sampah pada tempatnya
D. TUJUAN
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
E. MATERI
PPKn
Diskusi
Bahasa Indonesia
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi
Matematika
Penguasaan konsep pecahan sederhana
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
gerakan roll depan, rol kip, rol belakang, sikap kapal terbang
gerak senam ritmik, dengan variasi langkah kaki dan tangan
Seni, Budaya, dan Prakarya
Aturan dalam berkarya
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah