RPP Kelas 3 Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan     :  SD
Kelas / Semester     :  3 / 1
Tema / Topik    :  Peduli Lingkungan Sosial
Petemuan ke    :  1
Semester    :  1   (satu)
Alokasi Waktu    :  1 Hari
A.     KOMPETENSI INTI
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yangdianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati danmenanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.    KOMPETENSI DASAR
PPKn
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu

Matematika
Memahami konsep  pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Mempraktikkan  kombinasi pola gerak dominan dalam senam (seperti lompat kangkang, lompat jongkok, roll depan) dan kombinasi pola gerak dominan posisi statis dengan pola gerak lainnya (seperti: sikap kapal terbang – roll atau sebaliknya)
Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar akrtivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dengan alat sederhana yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik

Seni, Budaya, dan Prakarya
Menunjukkan   disiplin dan taat aturan dalam berkarya

C.    INDIKATOR
    PPKn
Mematuhi peraturan sekolah sebagai kewajiban dan menghormati hak orang lain dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Membiasakan melaksanakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat

Matematika
Memahami konsep pecahan
Menyatakan pecahan
Menentukan pecahan senilai
Menentukan nilai pecahan dari gambar yang diarsir

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Menyebutkan aktifitas kombinasi pola gerak dominan dalam senam,
Menyebutkan aktifitas kombinasi pola gerak dominan dalam senam dasar akrtivitas ritmik lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif
Mempraktikkan  rangkaian gerakan roll depan, rol kip, rol belakang, sikap kapal terbang
Mempraktikkan rangkaian gerak senam ritmik, dengan variasi langkah kaki dan tangan.

Seni, Budaya, dan Prakarya
Menyelesaikan tugas tepat waktu
Menyelesaikan tugas dengan tidak menyontek karya teman
Memperhatikan keselamatan dalam berkarya/kerja
Merapikan alat dan bahan setelah berkarya dan membuang sampah pada tempatnya

D.    TUJUAN
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman, dan guru
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

E.    MATERI
    PPKn
Diskusi

Bahasa Indonesia
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi

Matematika
Penguasaan konsep pecahan sederhana

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
gerakan roll depan, rol kip, rol belakang, sikap kapal terbang
gerak senam ritmik, dengan variasi langkah kaki dan tangan

Seni, Budaya, dan Prakarya
Aturan dalam berkarya

F.    PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi        : Cooperative Learning
Teknik        : Example Non Example
Metode        : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

Bagikan Melalui

Related Posts

First